Wednesday 30 August 2017

11 Contoh Paragraf Induktif Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Paragraf Induktif - Paragraf Induktif adalah paragraf yang di awali dengan menuliskan penjelasan keterangan selanjutnya ditutup dengan kalimat pokok atau inti utama. Memang secara sederhana, paragraf induktif ini merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di bagian akhir dari paragraf utama. Paragraf induktif ini juga merupakan kebalikan dari Paragraf Deduktif.

Dan sebelum masuk ke bagian contoh paragraf induktif, maka ada baiknya jika terlebih dahulu kita mengetahui jenis paragraf induktif supaya ke depannya kita mengerti konsep dasar dari paragraf induktif. Adapun jenis pola paragraf induktif ini meliputi:

a.Pola Generilasi

Yang pertama pola generalisasi ini adalah pola paragraf yang sifatnya mengembangkan kalimat atau peristiwa khusus dengan hasil yang berupa kesimpulan yang mempunyai sifat jauh lebih umum.

b.Pola Analogi

Selanjutnya pola analogi adalah pola dalam menyusun paragraf untuk membandingkan antara dua objek yang sifatnya kurang lebih sama. Adapun pola analogi ini juga beranggapan bila mempunyai persamaan pada sisi yang tertentu, pastinya akan ada persamaan lain di sisi yang lainnya.

c.Pola hubungan kausal

Adapun pola hubungan kausal ini merupakan pola yang di pakai dalam menyusun suatu paragraf berdasar pada beberapa fakta yang memiliki hubungan sebab dan akibat. Misalnya seperti apabila tidur terlalu larut, maka kita bisa bangun kesiangan untuk ke sekolah. atau Mila mengurus kartu BPJS di karenakan wajib punya di tempat kerjanya.
Sudah menangkap kan bagaimana pola paragraf induktif? Semoga dapat dipahami, untuk simak dan

Perhatikan beberapa Contoh Paragraf Induktif berikut ini :


Contoh 1 :
Karya sastra adalah hasil olahan imajinasi oleh para pengarangnya. Pengarang memang harus membebaskan imajinasinya supaya hasil karyanya ini berkualitas. Tanpa daya imajinasi, maka mustahil bila seorang pengarang berhasil menciptakan suatu karya sastra yang bernilai tinggi. Maka dari itu, imajinasi adalah aspek yang sangat penting dalam proses penciptaan suatu karya sastra.

Contoh 2 :
Sebagai bukti lemahnya daya serap pelajar yang ada di Indonesia, maka kita bisa merujuk dari hasil laporan penelitian IEA atau International Education Achieviement tahun 2002 yang menyatakan bahwa kemampuan membaca untuk tingkat SD saja Indonesia terpuruk dengan urutan 38 dari 39 peserta. Sedangkan  untuk kemampuan daya serap matematika siswa SMP kita masuk urutan 39 dari 42 peserta. Begitu pun untuk kemampuan IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia masuk dalam urutan 40 dari 42 peserta. Laporan ini mengindikasikan secara umum bahwa kemampuan daya serap pelajar kita memang sangat rendah.
contoh paragraf induktif
Contoh 3 :
Demam tinggi atau panas selama beberapa hari memang bisa dicuriai sebagai demam berdarah. Pasalnya seseorang yang menderita penyakit demam berdarah juga kerap mengalami pendarahan dari lubang hidung maupun mimisan. Bahkan selain itu, juga muncul bintik-bintik merah yang ada di dalam tubuh. Memang demam berdarah dapat di tandai dengan beragam gejala yang selayaknya segera memperoleh penanganan medis.

Contoh 4 :
Berbagai program dan juga komunitas pengembangan kewirausahaan untuk pelajar dan mahasiswa sekarang ini memang sudah merebak dimana-mana. Bahkan kemajuan teknologi juga memungkinkan kita menyerap ilmu serta pengetahuan bisnis dengan sangat mudah. Bahkan ada selentingan juga seandainya kita mempunyai rencana bisnis yang sangat keren, maka kita dapat dengan mudah memperoleh modal untuk memulai sebuah bisnis. Dan antusiasme untuk menjadi pengusaha semenjak duduk di bangku kuliah pun juga sudah meningkat dengan pesat.

Contoh 5 :
Suara ombak yang ada di pantai memang terdengar sampai ke telinga. Beberapa pedagang oleh-oleh dan juga makanan berjejer rapi di sepanjang jalan. Dan tampak wajah-wajah dari berbagai macam negara sangat terasa akrab di mata. Begitulah suasana liburan yang ada di Pulau Bali sekarang ini.

Contoh 6 :
Keberhasilan penjualan ice cream Magnum adalah salah satu contoh momentum yang sangat baik dalam pengembangan suatu bisnis. Momentum ini juga telah banyak dimanfaatkan ice cream Magnum dengan cara membangun Magnum Cafe. Terbukti, tidak sedikit orang yang rela antri untuk dapat mencicipi lezatnya ice cream di Magnum Cafe. Sekali lagi keberuntungan tetap berpihak pada orang yang pandai memanfaatkan momen.

Contoh 7 :
Tidak sedikit dari kita yang menanamkan satu pemikiran dalam hati. Buat apa memikirkan uang, sebab rezeki sudah ada yang mengatur. Bekerja hanya demi uang terkadang disandingkan dengan pemikiran yang negatif seolah manusia rakus maupun hanya memikirkan materi saja. Padahal dengan pemikiran yang jauh lebih bijaksana, kita dapat melihat bahwa bekerja untuk memperoleh uang yang cukup untuk kehidupan akan menjadikan hidup kita menjadi lebih berkualitas. Uang memang dicari hanya untuk lebih menyempurnakan sisi-sisi lain yang dapat kita raih semasa hidup.

Contoh 8 :
Masihkah anda berpikir untuk bertukar blogroll, memasang iklan baris maupun membeli spot banner di blog lain? Untuk beberapa blogger, iklan seperti itu memang dengan mudah untuk diabaikan. Sebab dilihat sebelah mata ataupun tidak. Memasan iklan baris maupun banner mungkin bisa mendatangkan trafik yang sangat besar ke blog anda, akan tetapi sebagian besar hanyalah kesasar dan dengan segera meninggalkan blog tanpa kembali lagi. Lain halnya dengan guest post, yang isinya tentang informasi yang di perlukan oleh blogger yang membaca blog tersebut, pastinya mereka akan sangat memperhatikan apa yang di tulis. Maka dari itu siapkanlah blog anda dengan konten yang sama baik kualitasnya dengan tulisan guest post, maka dengan sangat mudah anda akan memperoleh link-link selanjutnya untuk menuju blog anda.

Contoh 9 :
Kadang hidup memang terasa penuh tantangan dan juga tugas yang harus dijalankan dan diselesaikan. Bahkan sering juga hidup ini begitu melelahkan, waktu sangat terasa begitu sempit, dari hari ke hari seolah-olah memang tidak cukup. Setiap saat di tuntut harus belajar, mempersiapkan diri untuk masa mendatang. Mempersiapkan tugas lama yang menunggu serta menyelesaikan tugas baru yang sudah dimulai. Dan seluruh kegiatan hidup manusia ini memang sangat melelahkan.

Contoh 10 :
Tidak sedikit sekali orang yang merasa tidak mau kalah dengan argumen orang lain, mereka hanyalah menganggap bahwa argumennyalah yang di rasa paling benar. Akan tetapi, ternyata banyak sekali kerugian yang ditimbulkan dari suatuu perdebatan di antara dua orang. Selain nantinya mereka ini akan dinilai buruk oleh lawan bicara mereka pastinya juga tidak akan mendapat respek dari lawan bicaranya. Maka dari itu, hindari sesuatu yang menimbulkan perdebatan yang tiada guna meski anda merasa kurang puas dengan apa yang tengah anda bicarakan.

Contoh 11 :
Penampilannya yag sangat unik, dalam 1 daun ada dua warna maupun lebih. Kelangkaannya ini lantas menjadikan ia diburu oleh para kolektor. Harganya juga menyamai karya seni, selanjutnya meroket hingga ratusan kali lipat. Hanya satu yang diinginkan para kolektor yakni keeksklusifannya. Itulah taman variegate.

Bagaimana, sudah mengerti kan apa yang di namakan paragraf induktif. Semoga Contoh Paragraf Induktif di atas bisa bermanfaat untuk anda dalam mempelajari paragraf khususnya tentang paragraf induktif.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: