Thursday 24 August 2017

6 Contoh Paragraf Deskripsi Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Paragraf Deskripsi – Paragraf ada banyak jenisnya. Memahami berbagai jenis ini memanglah diperlukan ketika kita membca atau ingin menulis sebuah tulisan. Salah satu jenis paragraf yang sering kali kita temukan adalah paragraf deskripsi. Paragraf deskripsi merupakan sebuah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang dapat merangsang panca indera yang membuat pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri objek yang dideskripsikan oleh penulisnya.

Aspek yang digambarkan bisa berupa keadaan, karakteristik, sifat ataupun perasaan yang dimiliki oleh objeknya. Tujuan dari paragraf deskripsi yaitu memberi gambaran utuh kepada pembaca supaya mengetahui apa yang dituliskan dengan jelas, baik dalam hal bentuk fisik ataupun dalam bentuk abstrak seperti rasa, sikap, dan lain-lain. Maka bisa dikatakan paragraf deskripsi adalah hasil observasi, jadi informasi yang digunakan dalam menggambarkan objek harus jelas serta sesuai dengan daya dan fakta dari objek tersebut.

Untuk membedakan paragraf deskripsi dengan paragraf lainnya, kita dapat mengetahuinya dengan mengamati ciri-cirinya yaitu umumnya paragraf deskripsi  melukiskan suatu objek seperti tempat, benda, atau suasana tertentu denagn kata-kata. Selain itu juga melibatkan panca indra manusia seperti penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan. Paragraf deskripsi juga menjelaskan ciri-ciri fisik serta sifat objek tertentu seperti ukuran, warna, bentuk, dan kepribadian dengan detail. Dan yang terakhir, dalam paragraf deskripsi banyak ditemukan kata atau frase yang memiliki makna keadaan ataupun kata sifat.

Paragraf deskripsi dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu paragraf deskripsi spatial yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek yang berupa tempat atau ruang. Paragraf deskripsi subjektif yang berisi lukisan atau gambaran suatu objek berdasarkan tafsiran, kesan atau perasaan penulisnya. Maka jenis paragraf ini lebih menggambarkan objek tertentu dengan opini atau juga kesan pribadi penulisnya. Yang ke tiga adalah paragraf deskripsi objektif yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek tertentu dengan apa adanya sehingga para pembaca dapat membayangkan keadaan dengan sebenarnya pada objek tersebut. Paragraf deskripsi jenis ini tidak menampilkan opini atau kesan pribadi penulisnya.

Agar lebih memahami dan membedakan berbagai jenis paragraf deskripsi tersebut, berikut ini akan di cantumkan beberapa

Contoh Paragraf Deskripsi.


Contoh paragraf deskripsi spatial:


1.Ruangan yang berukuran 7m x 8m ini sangatlah nyaman untuk ditempati. Dindingnya dicat dengan warna putih bersih dengan sedikit corak coklat pastel pada bagian bawah. 3 buah sofa empuk dengan warna hijau serta sebuah meja kayu diletakkan pada tengah ruangan. Terdapat sebuah rak buku yang berukuran besar diletakan di bagian pojok ruangan yang bersandar pada dinding. Pada rak tersebut ada banyak buku seperti buku pelajaran, majalah, novel yang disusun dengan sangat rapi dan urut. Sebuah pot yang menjadi tempat tumbuh pohon palem kecil bersanding dengan rak buku bercat hijau, membuatnya seakan-akan menyatu. Sirkulasi udara dalam ruangan itu sangatlah bagus, karena memiliki 2 buah jendela yang lumayan besar.  Diluar ruangan, ada sebuah taman bunga mungil berukuran 3m x 4m yang ditanami beberapa jenis tanaman hias seperti melati, mawar, dan bougenvil. Keindahan taman bunga tersebut turut menambah kesejukan di ruang OSIS SMAN 2 Suka Makmur.

 Contoh Paragraf Deskripsi Beserta Pengertiannya
2.Gedung Olahraga yang baru itu dibangun di atas tanah yang luasnya mencapai setengah hektar. Bangunan itu berbentuk lingkaran yang memiliki sekitar 500 m2. Jika dilihat dari luar, gedung itu nampak seperti bola setengah yang diletakkan di atas lantai. Sebuah patung dengan desain orang yang sedang memanah berdiri denagn tegak di depan gedung yang berwarna putih dan biru itu. Di sekitar gedung juga terdapat jogging track yang jalurnya mengelilingi bangunan utama gedung. Sedangkan di dalam gedung  terdapat banyak lapangan yang dapat digunakan untuk tempat olahraga bulu tangkis, futsal, dan basket, dengan dilengkapi pencahayaan yang sanagt baik dengan 100 lampu tembak ukuran besar diletakkan di atasnya. Gedung itu pun 10000 jumlah kursi untuk para penonton. Tak hanya itu, gedung olahraga tersebut dilengkapi denagn fasilitas lain seperti kamar ganti, toilet, ruang official, dan ruang medis.

Contoh paragraf deskriptif subjektif:


1.Untuk sebagian orang, pantai kapuk menjadi tempat yang kurang menarik untuk dikunjungi karena kurangnya pengunjung. Namun, bagiku pantai yang terletak di Kecamatan Suka Jaya ini sangatlah nyaman dan tenang. Pantai ini pun juga sangat bersih. Bahkan tak ada sampah sedikitpun, yang ada malah hamparan pasir yang begitu luas. Bagiku, pemandangan alam di sana juga sangat cantik. Apalagi jika menjelang senja, kita dapat melihat pemandangan sunset yang sangat indah. Jangan tanya bagaimana ombaknya, pantai ini menampilkan ombak yang sangat bagus. Meski tergolong besar, namun tidak begitu deras yang sangat cocok untuk para peselancar. Pada bagian selatan pantai terdapat tumpukan batu besar yang dipercantik dengan deburan ombak yang menghantam pinggirannya. Spot ini sangatlah cocok untuk berfoto. Itulah mengapa pantai kapuk ini menjadi pantai yang sangat indah dan nyaman bagiku. Meski masih sepi, pantai ini tak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang ada di pulau Bali.

2.Pantai Sari Dewi merupakan surga tersembunyi yang berada di Kota Bandar Karang, lebih tepatnya di sekitar Kota Baru. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pasir putih bersih dan air yang berwarna biru turut memanjakan mata para pengunjungnya. Terdapat puluhan batu karang tegap yang menghadap ke arah lautan lepas, seakan bertarung dengan hempasan ombak cukup besar yang menghantam dirinya. Pantai ini juga mempunyai area diving yang sangatlah menarik. Selain itu juga ada berbagai macam olahraga air seperti banana boat, speed boat, dan masih banyak lagi yang pastunya sangat mengasyikan. Pantai ini telah menjadi tempat wisata yang  telah dikelola dengan sangat professional. Ada banyak penginapan cantik ytang dapat disewa dengan pemandangan hamparan laut yang luar biasa indah. Oleh karenanya, pantai yang baru saja dibuka ini menjadi tempat yang sangatlah menarik untuk dikunjungi.

Contoh paragraf deskripsi objektif:

1.Pantai Kapuk berada di Kecamatan Suka Jaya, Kabupaten Mekar Sari, Provinsi Bandar Lampung. Untuk mencapai pantai ini memerlukan waktu sekitar 7 jam dengan jarak 15 Km dari pusat kota. Pantai ini terbebas dari sampah dan cukup terawat. Pasir putih halus terhampar luas di penjuru pantai. Ombaknya yang besar dan cukup tinggi membuat pengunjung tidak dianjurkan untuk berenang di pantai. Pada bagian selatan pantai terdapat tumpukan batu yang tinggi dan besar, sedangkan di bagian timur merupakan hutan yang masih alami. Pada bagian barat pantai terdapat sungai kecil yang mengalir menuju laut lepas. Hampir di sepanjang pantai terdapat pohon kelapa yang berbaris dengann rapi. Lokasi pantai dan jalan utama berjarak 2 Km, sehingga membuat kita harus memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan dan berjalan menembus hutan yang lumayan lebat untuk dapat melihat keindahan Pantai Kapuk.

2.Pantai Sari Dewi merupakan pantai yang baru dibukasecara resmi sebagai tempat wisata di wilayah Bandar Karang. Pantai ini berada di daerah Kota Indah dengan pemandanagn  menghadap langsung ke Samudera Hindia. Seperti pantai tropis umumnya, pantai Sari Dewi ini juga memiliki pasir yang berwarna putih dengan bebatuan karang yang tersebar di pinggiran pantainya. Selain menyajikan keindahan pantai, Sari Dewi juga mempunyai spot diving serta olahraga air seperti speed boat, banana boat, dan lain-lain. Selain itu, pantai ini mempunyai banyak penginapan yang pemandanagnnya  langsung menghadap laut yang dapat disewa oleh para pengunjung.

Demikianlah pemaparan mengenai paragraf deskriptif. Untuk memahami lebih jauh mengenai hal ini, kita dapat menganalisa ciri-ciri yang terdapat dalam Contoh Paragraf Deskripsi.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: