Friday 25 August 2017

Puisi Perpisahan Karya Kahlil Gibran Terbaik Paling Bijak

Puisi Perpisahan Kahlil Gibran - Kahlil Gibran adalah sosok yang patut kita perhitungkan dalam sejarah kesusastraan, mengapa demikian? Ya karna karya-karyanya begitu mendalam sampai akar-akar kehidupan. Kahlil Gibran sendiri memiliki segudang pengalaman tentang perpisahan, karena baginya perpisahan adalah satu tanda cinta yang begitu pahit untuk dirasakan akan tetapi perpisahan haruslah dijadikan emas yang terbakar api, meski terbakar ia akan tetap bernilai dan berharga.

Ya mungkin seperti itu Gibran mengartikan sebuah perpisahan dalam karya-karyanya tentang perpisahan. Untuk mengetahui puisi perpisahan karya Kahlil Gibaran tidak lah sulit untuk mencarinya, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan beberapa puisi perpisaahan Kahlil Gibran yang berhasil saya rangkum dalam puisi perpisahan di bawah ini. Selamat membaca.

puisi perpisahan kahlil gibran

Puisi Perpisahan Kahlil Gibran Paling Bijak


Siap aku pergi,
Dan keinginanku berlayar siap menunggu angin
Hanya tinggal satu nafas lagi yang akan kuhembuskan di udara
Ini, hanya sebuah tengokan sayang kebelakang.
Dan lalu aku akan berdiri diantara kalian,
Pengembara lautan diantara pengembara lautan.

Dan kau lautan yang luas tertidur
Yang sendirian dalam damai
Dan kebebasan dari sungai dan arus
Hanya sebuah tiupan angin lagi
Yang dibuat oleh arus ini, sebuah gumaman oleh rimba

Dan aku akan datang padamu,
tetesan tanpa ikatan dari samudera yang tanpa ikatan
Dan saat ia berjalan, ia melihat para pria dan wanita di kejauhan
Sedang meninggalkan kebun mereka untuk berjalan menuju gerbang kota
Dan ia mendengar suara-suara mereka memanggil namanya
Dan berteriak dari ladang ke ladang saling memberitahukan kedatangan kapalnya

Dan ia berkata pada dirinya sendiri.
Apakah hari perpisahan akan menjadi hari perkumpulan?
Dan apakah harus dikatakan bahwa malamku adalah kebenaran dalam senjaku?
Dan apa yang seharusnya kuberikan padanya yang meninggalkan bajaknya di tengah ladang atau yang menghentikan rodanya dari memeras anggur?
Haruskah hatiku menjadi sebuah pohon penuh buah yang kukumpulkan dan kuberikan pada mereka?
(Source: Sang Nabi, Syair-syair Cinta)



Dalam Keheningan Malamku kau mengunjungi
Yang tercinta dan menikmati kemanisan kehadirannya.
Tubuh ini tetap korban pahit dari harapan dan perpisahan.
Ini, jiwaku, adalah penyiksaan.
Ampunilah aku, jiwaku!
(Souce : Ampunilah Aku Jiwaku, Syair-syair Cinta)



Pesisir yang kuat adalah cintaku,
Dan aku adalah kekasihnya,
Kami akhirnya bersatu dalam cinta, dan
Lalu bulan mengambilku darinya.
Aku pergi ke bulan dengan enggan, dan
Sedikit perpisahan.
(Source : Nyanyian Ombak, Syair-syair Cinta)



Karena itu, anakku,
Manusia tidak dapat memperoleh cinta
Sampai setelah sedih dan merasakan perpisahan
Dan kesabaran pahit, dan kesulitan yang membuat putus asa.
Tidurlah, anak kecilku,
Mimpi indah akan menemukan jiwamu
Yang tidak takut pada gelap malam yang mengerikan.
(Source: Janda dan Puteranya, Syair-syair Cinta)


Saat fajar aku bersatu dengan angin
Untuk mengumumkan datangnya cahaya,
Saat tengah hari aku bergabung dengan burung
Untuk memperoleh cahaya perpisahan.
(Source: Nyanyian Bunga, Syair-syair Cinta)



Akhirnya selesai sudah saya menuliskan puisi perpisahan Kahlil Gibran paling bijak ini, semoga dengan adanya puisi perpisahan ini kita semua dapat mengartikan sebuah perpisahan yang berharga dan bermakna tanpa adanya penyesalan dan kepedihan di dalamnya. Untuk segala perhatiannya saya ucapkan terima kasih telah berkunjung dan membaca puisi perpisahan Kahlil Gibran ini. Salam satu bahasa :-)

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: