Saturday 26 August 2017

Tips Kreatif Menulis Cerita Pendek atau Cerpen

Menulis Cerpen - Menulis cerpen merupakan curahan dari imajinasimu sendiri yang kemudian dijadikan sebuah cerita. Bagi sebagian orang mungkin teramat susah dalam mengarang sebuah cerita apalagi cerita tersebut adalah cerpen yang harus kita ringkas dan harus tuntas bersama dengan amanat atau pesan pesan cerita di dalamnya. Nah untuk itu kali ini satubahasa akan memberikan kiat sukses atau bisa disebut tips kreatif untuk anda dalam menulis sebuah cerpen. Tips ini sendiri akan kami bagi menjadi tiga bagian, semua itu semata mata agar anda lebih memahami dan lebih terpandu oleh tips tips kami yang akan kami berikan di bawah ini.

Tips Kreatif Sebelum Menulis Cerpen

Dalam tips sebelum menulis cerpen ini ada beberapa tips dalam membangkitkan semangat atau motivasi menulis cerpen, diantaranya adalah :

Yakinkanlah bahwa menulis itu adalah proses, sebuah proses tentu harus memiliki awalan. Maka sebuah cerpen tidak akan ada prosesnya jika anda tidak menuliskan kata pertama atau menggoreskan tinta maupun mengetik kata kata. Jadi mulailah dengan niat menulis karena menulis itu dimulai dari satu huruf yang kemudian dirangkai menjadi kata dan kalimat, paragraf dan seterusnya.

Berfikir dan berimajinasi, alangkah baiknya sebelum kita menulis usahakan berfikir dan berimajinasi untuk menuliskan apa yang kita pikirkan dan kita bayangkan dalam imajinasi kita. Dan perlu diingat bahwa menulis adalah ekspresi diri, jadi bebaskan dirimu dari belenggu atau hal hal lain yang menghambat dan merusak semangat serta imajinasimu.

Selain berfikir dan berimajinasi kamu juga harus mulai belajar untuk menjadi pengamat. Pengamat di sini adalah artinya bahwa kamu harus benar benar menyukai untuk membaca karya karya cerpen orang lain maupun karya cerpen cerpen penulis ternama. Dengan seperti itu anda dapat mengamati gaya kepenulisan setiap cerpen yang anda baca.
Tips Kreatif Dalam Menulis Cerita Pendek atau Cerpen
Tips Kreatif Dalam Menulis Cerita Pendek atau Cerpen

Tips Kreatif Saat Menulis Cerpen

Setelah tahap tips sebelum menulis cerpen maka kali ini kita beralih pada tips kreatif saat menulis cerpen itu sendiri atau saat sedang menulis cerpen yang sedang kita tulis. Dalam tips saat menulis cerpen ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menulis, diantaranya adalah;

Jangan anggap saat menulis adalah hal yang sangat menakutkan atau berat untuk dilakukan, mulailah menulis apapun yang ingin anda tuliskan dan berani kreatif sekalipun itu tidak mudah dalam memilih kata yang tepat, karena bagaimanapun juga penulis penulis yang sudah mahir pun pada awalnya tulisan atau karya karyanya pasti terlihat kurang baik.

Selain itu juga kamu usahakan dalam menulis cerpen agar gaya bahasamu itu hidup, tidak usah berfikir terlalu lama yang terpenting adalah ekspresi gaya bahasa milik kita sendiri selagi bahasa tersebut dapat dimengerti oleh pembaca nantinya.

Dan jangan lupa juga untuk mengambil tema yang unik, tema yang unik akan menghasilkan imajinasi dan isi cerpen yang unik dan terkesan beda pula dari cerpen cerpen lain. Dan perlu diingat bahwa jangan terlalu memaksakan tulisan atau karyamu cepat selesai dalam waktu yang singkat, semua butuh proses dan waktu oleh karena itu janganlah terburu buru, alangkah baiknya saat menulis kita lebih santai dalam menulis cerpen kita dengan sedikit demi sedikit dan kembali kita koreksi atau baca berulang kali agar hasilnya pun memuaskan.

Tips Saat Selesai Menulis Cerpen

Dan yang terakir adalah tips saat kita selesai menulis cerpen kita, lalu apa saja yang harus kita lakukan setelah tulisan kita atau karya kita sudah selesai. Inilah yang harus anda lakukan ketika karya anda selesai, diantaranya adalah;

Kamu dapat mempublikasikan karya anda, baik di majalah dinding sekolah atau media media penampung cerpen seperti majalah atau surat kabar bahkan kirim cerpen online, dan perlu di ingat bahwa satubahasa sendiri menerima kiriman cerpen kamu lho, untuk nantinya akan kami publikasikan agar dapat dibaca dan menebarkan semangat karya sastra kepada sahabat online lainnya.

Itulah tiga tips kreatif dalam menulis cerpen atau cerita pendek yang dapat anda lakukan agar dapat menjadi penyempurna dan penyemangat anda dalam menulis cerpen cerpen anda. Dan bagi sahabat satubahasa yang ingin mengirimkan karya cerpennya kepada kami, silahkan untuk mengirimkan karya anda kepada kami melalui form yang sudah kami sediakan untuk ruang karya anda pada kolom kirim cerpen. Terima kasih atas waktunya dan salam satubahasa teman!

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

1 comment: