Monday 11 September 2017

Pengertian dan Penjelasan Kalimat Ambigu Lengkap dengan Contohnya

Kalimat Ambigu – Masih dalam pembelajaran tentang kalimat seperti pada postingan-postingan materi sebelumnya kali ini satubahasa akan membahas tentang kalimat ambigu, mungkin seringkali kita mendengar istilah kalimat ambigu ini namun bagi yang tidak mengetahuinya pasti penasaran apa yang disebut kalimat ambigu dan seperti apa contohnya. Nah untuk itulah satubahasa sebagai web pendidikan khususnya yang membahas tentang tata bahasa dalam Bahasa Indonesia akan membantu anda dalam menemukan pengertian serta contoh-contoh dari kalimat ambigu di bawah ini.

Kalimat Ambigu

Kalimat ambigu adalah kalimat yang mempunyai arti lebih dari satu makna. Pada umumnya kalimat ambigu ini disebabkan oleh hubungan antar kata-katanya yang tidak jelas.
Contoh :
-    Yang duduk di sebelah kanan adik ayah

Berdasarkan contoh di atas kalimat tersebut memiliki dua pengertian :
-    Yang duduk di sebelah kanan itu adik ayah atau paman
-    Yang duduk di sebelah kanan adik itu adalah ayah

Pengertian dan Penjelasan Kalimat Ambigu Lengkap dengan Contohnya
Pengertian dan Penjelasan Kalimat Ambigu Lengkap dengan Contohnya

Keambiguan yang terjadi pada contoh di atas adalah disebabkan oleh tidak jelasnya kata adik dan ayah.
Lalu bagaimana kita memperbaiki kalimat ambigu dengan memperbaiki susunan atau bentuk kalimatnya yang benar? Nah untuk itulah ada yang namanya tanda baca, jadi kesimpulannya kalimat ambigu dapat diperbaiki atau dapat kita temukan arti atau maknanya dengan pasti dengan menyematkan tanda baca di dalamnya seperti koma dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan singkat dan padat tentang contoh kalimat ambigu yang semoga saja dapat membantu anda menemukan pemahaman dalam belajar tentang contoh dan pengertian kalimat yang sedang anda cari, selain itu anda juga dapat belajar membuat contoh sendiri jika sudah mengerti penjelasan dari contoh kalimat yang sudah anda pelajari karena dengan membuat contoh sendiri akan semakin melatih anda dalam belajar tentang bahasa dan melatih otak kita juga dalam belajar.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: