Sunday 20 August 2017

Pengertian dan Penjelasan Tentang Ejaan Bahasa Indonesia

Ejaan – Dalam suatu bahasa ejaan tentu sangat berpengaruh terhadap penulisan, saking pentingnya ejaan juga merupakan bagian terpenting dari tata kepenulisan untuk menghasilkan bahasa yang sempurna dalam mengucapkannya maupun membacanya. Dalam hal ini satubahasa ingin memberikan sekilas sejarah dan juga pengertian tentang ejaan itu sendiri, bagaimana awal mula ejaan itu ditemukan dan bagaimana perkembangannya hingga sampai saat ini. Untuk lebih jelasnya anda dapat membacanya di bawah ini.

Ejaan

Ejaan ialah keseluruhan peraturan tentang pelambangan bunyi ujaran dan hubungan antarlambang pemisah dan penggabungannya dalam suatu bahasa. Ejaan meliputi penulisan huruf, penulisan kata dan pemakaian tanda baca.

Pengertian dan Penjelasan Tentang Ejaan dalam Bahasa Indonesia
Pengertian dan Penjelasan Tentang Ejaan dalam Bahasa Indonesia

Sejarah Ejaan dalam Bahasa Indonesia

Pada tahun 1901 mulai berlaku ejaan yang pertama, yaitu Ejaan Van Ophuysen. Ejaan ini digunanakan pada masa penjajahan Belanda sampai dengan tahun 1947. Kemudian pada tahun 1972 melalui surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan tertanggal 20 Mei 1972, No.03/A.I/72 mulai diresmikan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) yang berlaku sejak 17 Agustus 1972.

Tujuan Diadakannya Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia

Tujuan diadakannya penyempurnaan ejaan dalam Bahasa Indonesia adalah diantaranya sebagai berikut:
-    Untuk menyesuaikan ejaan dalam perkembangan Bahasa Indonesia
-    Untuk menertibkan dalam penulisan huruf dan tanda baca.
-    Membakukan Bahasa Indonesia secara menyeluruh.
-    Untuk mendorong pengembangan Bahasa Indonesia.

Itulah sejarah dari ejaan dalam Bahasa Indonesia dan bagaimana adanya suatu usaha untuk menyempurnakannya juga, semoga dengan adanya sejarah singkat serta penjelasan singkat ini dapat memberi anda tentang pengetahuan dalam Bahasa Indonesia khususnya Ejaan Yang Disermpurnakan yang lengkap dengan sejarahnya.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments: